Wow… Bos Cantik Ini Jadi Musuh Taliban Gara-gara Ngajarin Koding Pada Ribuan Perempuan Afghanistan – FAJAR Tekno
Komputer

Wow… Bos Cantik Ini Jadi Musuh Taliban Gara-gara Ngajarin Koding Pada Ribuan Perempuan Afghanistan

roya mahboob
Sumber Foto : wired.co.uk

FAJAR.CO.ID – Roya Mahboob adalah salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia versi majalah Time pada 2013. Namun, niat baik Bos perusahaan pengembangan perangkat lunak di Amerika Serikat ini ternyata dilawan oleh para Taliban Afghanistan. Ada Apa..?

Sebelumnya Roya menggunakan keuntungan dari perusahaan pengembangan perangkat lunaknya untuk mengubah nasib dan masa depan ribuan anak perempuan melalui pembelajaran teknologi yang digagasnya.

Dia menggunakan keuntungan dari Afghanistan Citadel Software miliknya untuk membuat sepuluh pusat belajar komputer untuk anak perempuan di Kabul dan Herat.

Tetapi pihak Taliban mengancam untuk segera menghentikan semua kegiatannya itu. Bahkan Taliban mengancam akan membunuh Roya jika tidak segera menghentikan aktifitasnya di Afghanistan.

Kemudian ia terpaksa keluar dari Afganistan dan pergi ke Newyork pada januari 2014. Tidak berhenti disitu, Roya kemudian memulai dua proyek diantaranya sebuah situs pelatihan kejuruan “EdyEdy” dan pada awal 2016 membuat perusahaan ekspor teh dan kopi.

Kedua perusahaan tersebut lah yang membiayai pusat pelatihan yang dibangun sejak awal oleh Roya, meskipun ini lagi-lagi hanya akan mengancam nyawanya.

“Kami akan terus memberikan akses teknologi, kami memiliki 8.000 siswa dan akan melatih lebih dari 5.000 orang selama dua tahun kedepan.” tegas Roya seperti dilansir dari Wired.

Dipusat pelatihan ini diajarkan pengenalan digital, keuangan bahkan bahasa pemrograman dan media sosial. Setiap tahun 2.400 perempuan Afghanistan mengambil pelatihan.

Selain di pusat-pusat kota, Roya juga akan mengembangkan program pelatihannya hingga sampai ke desa-desa di Afganistan, kemudian ke negara lain. (Mbah)

loading...
Click to comment
To Top