Si Jenius Pencipta Kecanggihan Xiaomi itu Pilih Pulang Kampung ke Silicon Valley

by

BEIJING – Nafas Hugo Barra ternyata hanya bertahan selama 3,5 tahun di Xiaomi. Wakil Presiden Xiaomi Global ini memutuskan untuk mundur dari perusahaan asal Tiongkok itu.

Hugo yang mantan petinggi Google itu menyatakan keputusan besarnya melalui akun Facebook resmi miliknya, Senin (23/1) siang.

Ucapan pamitan itu dia tulis dengan kata-kata awal terima kasih untuk 3,5 tahun yang hebat kepada Mi Fans (sebutan penggemar Xiaomi, Red).

Dia lantas menceritakan bagaimana awalnya bisa tinggal di Beijing, Tiongkok karena menerima pinangan Lei Jun dan Bin Lin untuk ikut membesarkan Xiaomi.

“Saya ditawari kesempatan untuk membantu rockstar startup yang masih muda menjadi pemain global,” tulis Hugo.

Dia menyebut pengalaman itu sangat luar biasa. Malah, dia mengaku bisa dengan bangga mengatakan kalau Xiaomi Global adalah bayi pertama yang dia bantu menyapa dunia.

Hugo pamit karena karena beberapa tahun hidup sendiri berdampak buruk pada kesehatannya. Boleh jadi, Hugo sudah tidak bisa lagi menahan kangen untuk bisa bersama keluarganya lagi.

Sebab, dia menyebut ingin kembali ke Silicon Valley, California, Amerika karena lebih dekat dengan keluarganya. “Sudah saatnya saya pulang,” tulisnya.

Hugo juga menceritakan bagaimana suksesnya Xiaomi Global saat ini. Startup kecil itu berhasil menjadi sangat besar seperti yang terjadi di India.

Xiaomi berhasil mendapat USD 1 miliar atau Rp 13,3 triliun (asumsi USD 1 = Rp 13.300) Bersama Hugo juga, Xiaomi berhasil menjadi pemain global dengan berekspansi ke Indonesia, Singapura, Malaysia, Rusia, Mexico, sampai Polandia.

Bahkan, yang terbaru, Xiaomi dan Google kerja bareng untuk meluncurkan produk resmi mereka di pasar Amerika baru-baru ini.

“Xiaomi sekarang punya tim eksekutif global yang kuat. Akan meneruskan momentum yang telah kami mulai bersama,” katanya.

Rencananya, Hugo akan meninggalkan Tiongkok pada Februari. Dia mengatakan, ingin liburan terlebih dahulu sembari menikmati perayaan tahun baru Imlek.

See U Hugo…



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *