Apple Segera Rilis Ponsel Teknologi 5G

by
Pelanggan dari Vietnam mengambil foto pembelian iPhone XS mereka di Apple Store di Singapura 21 September 2018. (REUTERS / Edgar Su)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Analis TF International Securities Ming Chi Kuo mengatakan Apple akan meluncurkan iPhone 5G pertamanya pada tahun 2020 dengan menggunakan modem yang disediakan oleh Qualcomm. Catatan ini dibuat oleh Ming Chi Kuo pada Senin (17/6/2019).

Dalam catatannya, Ming Chi Kuo menyebutkan pada 2020, ada tiga model iPhone yang akan diluncurkan. iPhone berlayar 6,7 inci, 6,1 inci, dan 5,4 inci. Ketiga model akan memiliki layar OLED, yang lebih berwarna daripada panel LCD. iPhone berlayar 6,1 inci tidak akan menggunakan teknologi 5G.

Apple sudah menggunakan layar OLED pada iPhone XS Max dan iPhone XS. Kedua iPhone ini diluncurkan September 2018. Adapun iPhone XR, yang berharga lebih murah, memiliki panel LCD.

Ming Chi Kuo mengatakan dua ponsel yang akan diluncurkan pada 2020 akan menggunakan modem Qualcomm 5G setelah kedua perusahaan menyelesaikan sengketa hukum pada April lalu.

Catatan Ming Chi Kuo juga menyebut Apple sedang membangun chip sendiri yang akan siap digunakan pada iPhone yang meluncur pada 2022 atau 2023.

“Isi penyelesaian sengketa Apple dan Qualcomm juga menyangkut rilis chip baseband 5G dan rencana Apple mengembangkan ponsel 5G,” seperti dikutip dari CNBC International, Selasa (18/6/2019).

Kemungkinan rilis iPhone pada 2019 tidak terkait dengan smartphone yang mendukung jaringan 5G. Samsung sudah menjual ponsel 5G di AS melalui Verizon dan AT&T.

5G menjanjikan kecepatan dalam pemprosesan data yang lebih cepat. Teknologi ini nantinya tidak hanya untuk telepon, tetapi juga untuk menyediakan koneksi yang lebih baik di semua jenis perangkat, termasuk mobil otonom dan kamera di kota-kota pintar.

Apple dilaporkan meningkatkan upayanya ke teknologi 5G untuk memanfaatkan momentum pemblokiran Huawei.

“Strategi iPhone 5G Apple menjadi lebih agresif setelah larangan ekspor AS terhadap Huawei,” kata Ming Chi Kuo. “Kami memperkirakan bahwa iPhone 5G akan mencapai sekitar 60% dari total pengiriman iPhone di paruh kedua tahun 2020.” (arenaphone/aci)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *