Prosedur Ini Membantu Ponsel Tidak Lemot

by

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Apakah ponsel kamu sedang lemot? Memori penuh sehingga tak bisa lagi unduh (download) aplikasi. Boro-boro download, lantaran hal tersebut, mengirim dan menerima email saja jadi sulit. Kalau sudah begini, rasanya bikin emosi dan ingin banting ponsel.

Salah satu penyebab kinerja ponsel lelet karena banyak aplikasi yang terpasang di ponsel. Sementara kapasitas memori internal dan eksternal sudah hampir penuh. Hal ini bisa terjadi di ponsel dengan sistem operasi apapun, termasuk ponsel Android. Jika dibiarkan terus menerus, dampak terburuknya ponsel lebih cepat rusak.

Memang sih, mudah. Tinggal beli ponsel baru, beres. Akan tetapi, bisa saja kejadian serupa terulang kembali di ponsel baru apabila kamu tidak pandai merawat “jeroan” ponsel, bukan saja secara fisik alias body.

Berikut ini adalah cara menjaga dan meningkatkan kinerja ponsel pintarmu, khususnya Android, antara lain:

1. Nonaktifkan aplikasi bawaan pabrik
Jika kamu membeli ponsel jenis atau merek apapun, biasanya sudah ada aplikasi bawaan pabrik atau disebut bloatware. Jadi pengguna dapat langsung menggunakan aplikasi tersebut tanpa perlu repot mengunduh di Google Play Store. Namun pada praktiknya, aplikasi bawaan justru jarang atau tidak terpakai sehingga hanya menghabiskan memori RAM. Jadi supaya tidak mengganggu kinerja ponsel, kamu bisa me-nonaktifkan bloatware yang dirasa mubazir atau tidak terpakai.

2. Hapus aplikasi yang tidak penting

Inginnya instal aplikasi ini itu, tapi akhirnya malah enggak digunakan. Lama-kelamaan cuma memenuhi memori RAM dan penyimpanan yang bikin kinerja ponsel lola alias lambat. Oleh karena itu, cek kembali aplikasi terinstal di ponselmu. Kemudian ‘korbankan’ aplikasi-aplikasi yang tidak penting. Artinya dihapus atau di uninstall supaya ruang penyimpanan di ponselmu bisa lebih luas.

3. Hemat daya dan matikan data seluler atau koneksi wifi saat tidak dipakai

Setiap hari selama 24 jam penuh, ponsel selalu dipakai. Koneksi internet dari data seluler maupun wifi tiada henti. Online terus sampai baterai panas. Itulah kenyataannya, sehingga bukan hanya daya baterai yang terkuras, tapi juga kinerja ponsel melambat. Sesekali ponselmu perlu istirahat, jadi matikan sambungan data misalnya saat tidur supaya baterai lebih awet dan kinerja ponsel lebih stabil.

4. Pakai fitur auto sync? Matikan!

Sinkronisasi gadget dengan server dari berbagai akun atau disebut fitur auto sync ternyata bisa membuat kinerja ponselmu lambat karena mencaplok memori RAM. Sarannya, matikan saja fitur tersebut di menu pengaturan di ponsel.

5. Hapus widget yang tak digunakan

Terganggu dengan aplikasi mini di ponsel Android mu? Itulah yang dikenal dengan widget. Alih-alih memudahkan, ternyata widget ini memakan ruang RAM yang bikin ponselmu terasa berat saat digunakan. Untuk memperlonggar memori ponsel, coba hapus beberapa widget yang tak terpakai.

6. Hindari penggunaan animasi

Kamu suka pakai animasi di ponselmu? Lebih baik dihapus atau di nonaktifkan supaya tidak memakan banyak ruang di memori. Caranya melalui menu pengaturan di ponsel. Selain menghemat memori, hemat juga daya baterai ponsel.

7. Unduh aplikasi booster

Jangan hanya instal aplikasi game saja, unduh aplikasi booster yang berguna sebagai pembersih sampah. Dengan bantuan aplikasi tersebut, bisa mendongkrak kembali kinerja ponselmu tetap lancar.

8. Reset ke setelan pabrik

Bila langkah-langkah di atas belum cukup memuaskan membuat kinerja ponselmu maksimal lagi, solusi terakhir dengan melakukan reset ulang ke setelan pabrik. Langkah ini memang ampuh untuk memperbaiki kinerja ponsel, meskipun tidak sama seperti pertama kali kamu beli ponsel. (**)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *