September, Google Bakal Hapus Fitur Pesan YouTube

by

FAJAR.CO.ID–Dikenalkan pada Agustus 2017 lalu, Google akhirnya mengumumkan bakal menghapus fitur Messages atau Pesan versi mobile bulan depan tepatnya September 2019.

Sejatinya, fitur pesan langsung di YouTube itu merupakan cara efisien untuk berbagi dan mendiskusikan video langsung dalam aplikasi. Messages di YouTube mendukung percakapan individu maupun grup. Google terakhir kali merilis pembaruan pada Mei 2018, atau ketika fitur pesan diluncurkan di YouTube versi web.

“Dua tahun lalu, kami meluncurkan fitur pesan di berbagi video melalui pesan langsung di YouTube. Namun kali ini kami ingin menghapus fitur Messages demi mendorong pengguna untuk berbagi ke publik, baik itu komentar, posting dan stories. Kami terus-menerus mengevaluasi dan telah memutuskan untuk menghentikan fitur Messages itu langsung dari YouTube,” tulis Google seperti dilansir Ubergizmo, Kamis (22/8).

Ke depannya YouTube akan fokus pada peningkatan percakapan publik. Fitur Messages di YouTube tak akan lagi tersedia pada 18 September 2019.

Pengguna nantinya akan mendapati ikon berbagi di sudut kanan atas hilang. Sementara itu, tab kotak masuk di Android dan iOS kemungkinan akan hilang sehingga hanya tersedia ikon notifikasi.

Sebagai gantinya, Google menyarankan pengguna untuk membagikan tautan di jejaring sosial lain. Para pengguna diminta menantikan fitur moderasi yang lebih baik untuk fitur komentar YouTube di masa mendatang.

Selain itu, pengguna juga masih dapat membagikan video langsung dari situs website dengan klik “ikon jejaring sosial”. Sementara untuk pengguna desktop dapat menyalin dan menempelkan tautan ke aplikasi perpesanan yang dipilih. (jpnn)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *