Fenomena Ponsel dengan Kamera Beresolusi Tinggi

by

FAJAR.CO.ID– Kini semakin banyak smartphone yang menawarkan banyak kamera dengan resolusi besar untuk dapat menghasilkan foto yang lebih menarik.

Terbaru Xiaomi melalui brand Redmi telah meluncurkan smartphone empat kamera belakang yang salah satunya merupakan kamera dengan 64 MP pertama di dunia. Tak hanya itu, Xiaomi juga dikabarkan sedang mengembangkan smartphone dengan kamera yang mempunyai resolusi besar lagi mencapai 108 MP.

Hal ini bisa terjadi dikarenakan Samsung telah meluncurkan sensor ISOCELL Bright HMX terbaru yang mampu mendukung resolusi maksimum mencapai 108 MP. Bisa dibilang sensor ini lebih besar dan mampu menyerap lebih banyak cahaya dibandingkan dengan sensor ISOCELL Bright GM1.

Menurut Samsung, sensor ISOCELL Bright HMX ini mampu menghasilkan foto yang bagus bahkan dalam kondisi pencahayaan ekstrim berkat hadirnya lebih dari 100 juta piksel efektif.

Dengan menggunakan teknologi Tetracell, memungkinkan sensor ini mampu menghasilkan foto 27 MP dengan informasi yang lebih kaya. Sensor ini pun dibekali dengan fitur yang bernama Smart ISO.

Sekilas, Smart ISO merupakan sebuah mekanisme yang memilih tingkat penguat sesuai dengan cahaya dan beralih ke ISO rendah untuk meningkatkan saturasi piksel sehingga menghasilkan foto yang jelas dan tajam.

Sensor ISOCELL Bright HMX juga mampu merekam video beresolusi 6K (6016 x 3384 piksel) 30 fps. Awalnya banyak bocoran yang mengatakan bahwa Xiaomi Mi MIX 4 akan menjadi smartphone pertama dengan kamera utama 108 MP.

Namun dokumen dari XDA Developer mengatakan bahwa akan terdapat empat smartphone Xiaomi terbaru yang akan mempunyai kamera utama 108 MP dengan codename yang terdiri dari tucana, draco, umi, dan cmi.

Kemungkinan besar empat smartphone Xiaomi yang akan memiliki kamera utama 108 MP ini akan berada di kelas menengah dan atas. Selain itu, kemungkinan besar keempat produk ini pun akan mempunyai spesifikasi hardware yang tinggi di kelasnya untuk mendukung kemampuan sensor yang dapat menghasilkan foto dengan super besar.

Xiaomi Mi MIX 4 juga dikabarkan akan diluncurkan sebentar lagi pada tanggal 24 September 2019 mendatang. Menurut kamu, apakah smartphone yang menggunakan kamera utama 108 MP ini akan mempunyai harga terjangkau? (fajar/aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *