Pesawat Elektrik Besutan Rolls-Royce Siap Mengudara 2020

FAJAR.CO.ID — Salah satu perusahaan ternama di Inggris, Rolls-Royce baru-baru ini mengembangkan pesawat listrik untuk mengurangi emisi gas rumah kaca yang berasal dari pesawat konvensional. Kemajuan teknologi penerbangan listrik ini menarik publik untuk mencobanya seperti teknologi mobil listrik saat pertama kali launching.

Rolls-Royce merupakan perusahaan teknik terkemuka yang berfokus pada sistem tenaga dan propulsi kelas dunia. Pesawat listrik ini dapat dikatakan sebagai pandangan pertama yang menarik minat global untuk mengurangi emisi pesawat, selain mobil listrik yang terus dipromosikan.

Rolls-Royce berhasil menunjukan diri sebagai perusahaan inovasi paling mumpuni saat ini. Mereka berhasil menyelesaikan pembuatan pesawat elektrik pertama dengan satu penumpang. Pesawat berwarna biru-putih ini konon bakal mengudara di tahun 2020.

pesawat itu diberi nama ACCEL singkatan dari Accelerating the Electrification of Flight. Sesuai dengan namanya pesawat ini bukan hanya pesawat elektrik namun juga mampu terbang dengan kecepatan 300 mil/jam atau sekitar 482 km/jam.

Mesin yang digunakan diletakan di hidung dengan menggunakan propeler sebagai penggeraknya. Propelernya digerakan oleh tiga tenaga motor elektrik. Jika dibandingkan dengan propeler pada mesin konvensional, memang memiliki RPM yang rendah namun tingkat kebisingan juga rendah. Dari mesin itu menghasilkan sekitar 500 tenaga kuda.

Sewaktu uji coba, pesawat dinilai sangat ramah lingkungan. Tenaga yang dihasilkan mampu membuat efisiensi energi sekitar 90 persen dan tentunya emisi gas buangnya adalah nol. Pengembangan teknologi baru ini memang didorong oleh kepedulian terhadap perubahan iklim. (Aris-pkl/Fajar)

 

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Ksatria Gaming